Dunia Penuh dengan Kejutan Indah

Cari Apapun di Sini

Sabtu, 21 Oktober 2023

Wisata Taman Gubang Tenggarong

Beberapa hari yang lalu, Sang Buah Hati ulang tahun. Ayah mertua punya ide untuk merayakan sambil berwisata. Dipilihlah salah satu wisata yang cukup terkenal di Tenggarong.

Gubang, dalam bahasa Kutai artinya perahu. Perahu memang menjadi atraksi utama yang ada di Taman Gubang. Kita dapat menyusuri sekitar danau dengan menggunakan perahu yang ada.

Taman Gubang terletak di desa Loa Ulung Kecamatan Tenggarong Seberang. Taman Gubang terletak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Tenggarong. Dari jembatan Kutai Kartanegara, menuju arah hulu sungai.
Secara umum, kondisi jalan menuju Taman Gubang terbilang cukup baik. Konstruksi jalan berupa cor beton. Hanya saja, sekitar setengah perjalanan lebar jalan cukup sempit untuk dilewati mobil. Bila berapapasan dengan mobil lain, kita harus berhati-hati agar roda tidak jatuh ke sisi jalan.
Danau Taman Gubang adalah sebuah danau buatan yang merupakan lubang bekas galian tambang batu bara. Saya tidak tahu berapa kedalaman air danau. Jika berkunjung ke Taman Gubang, sebaiknya kita ekstra hati-hati dalam menjaga keselamatan diri dan anggota keluarga. Apalagi di sana (menurut pengamatan singkat saya) tidak ada personil dan alat keselamatan yang cukup.

Harga tiket masuk Rp5.000,-/orang, tidak termasuk biaya naik perahu. Untuk tarif naik perahu adalah Rp120.000,- untuk sekali trip mengelilingi danau (tanpa dihitung jumlah penumpangnya).

Setidaknya ada tiga pengelola di sekitar danau, Dua pengelola berdampingan, sedangkan satu pengelola lain ada di sisi danau yang berbeda. Dua tempat yang berdampingan berupa dermaga, tempat makan dan penyewaan perahu. Sedangkan tempat wisa yang di seberang sana berupa cotteges dan kolam renang yang bernama Langit Timur.

Jika Anda ingin berkunjung ke Taman Gubang, saya sarankan untuk mencari waktu di luar weekend. Hal tersebut karena banyaknya pengunjung yang data pada akhir pekan. Ketersedian tempat yang terbatas, belum lagi kondisi jalan yang sempit masih menjadi tantangan apabila Anda berkunjung pada akhir pekan.



12 komentar:

  1. Masya Allah, asri sekali tempatnya, Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga masyarakat dan pengelola bisa menjaganya....

      Hapus
  2. Ya, betul. Harus hati2 berkunjung ke daerah bekas tambang. Mana tahu banyak lubang bekas galian tambang .sekali terinjak langsung jeblog terus tenggelam

    BalasHapus
  3. wah, tiketnya murah banget ya. Tp kok safetynya kurang gitu ya mas...? apa karena murah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dugaan saya, mungkin pengelola adalah warga sekitar yang direkrut investor. Jadi mereka belemu punya pemahaman dan pengalaman yang cukup tentang keamanan...

      Hapus
  4. wahhh seronoknya dapat berlibur macam ni... hujung minggu pasti ramai pengunjung, kan?

    BalasHapus
  5. Tempatnya bagus ya, buat refreshing sama keluarga kayaknya cocok banget. Tentu saja kalau berkunjungnya di luar weekend, biar bisa lebih menikmati suasananya yang nggak terlalu rame😁

    BalasHapus
  6. seperti sepi pengunjug semoga kedepan bisa ramai, sehingga pengelolaan dapat maximal

    BalasHapus
  7. 150rb itu termasuk mahal atau murah ya, bagiku termasuk mahal 🤣

    BalasHapus
  8. Harga tiket masuknya murah juga ya cuma 5 ribu, cuma kalo mau naik perahu dan keliling danau harus rogoh 120 ribu.😀😅

    BalasHapus
  9. Wahhh seru banget, tapi tiket masuknya lumayan juga ya untuk bisa menikmati keindahan wisata tamannya. Semoga bisa tambah ramai terus setiap harinya

    BalasHapus

Related Post

Tulisan Terbaru

FHI: Menunggu Senja

Menunggu senja saat berwisata di danau buatan Taman Gubang, Loa Ulung, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara. 10 Mei 2024.

Arsip Blog

Postingan Populer

Copyright © @dnwahyudi | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com