Dunia Penuh dengan Kejutan Indah

Cari Apapun di Sini

Minggu, 05 Mei 2024

Upgrade Laptop 2024

Bulan Maret lalu, laptopku ini akan berusia tujuh tahun. Sebuah titik usia di mana tidak lagi tergolong muda untuk sebuah laptop di zaman sekarang. Usia yang sudah mulai mengkhawatirkan untuk barang elektronik yang dipakai untuk bekerja harian.
Sebenarnya, aku hampir tidak punya keluhan terhadap laptopku ini. Satu-satunya hal yang sangat menggangguku adalah bahwa suara speaker laptop ini sangat kecil. Lebih kecil dari kebanyakan laptop yang pernah aku temui.
Walau tidak ada keluhan, aku khawatir dalam beberapa bulan atau tahun ke depan laptop ini akan tidak optimal penggunaannya. Hal ini terjadi karena (saat itu) laptopku ini masih menggunakan sistem operasi Windows 7
Harddisk sudah dilepas
Demi mengoptimalkan kinerjanya, aku memutuskan untuk mengupgrade storage laptopku ini. Aku memutuskan untuk mengganti harddisk dengan SSD. Harddisk yang lama tetap akan aku gunakan sebagai file storage, sedangkan SSD untuk instalasi OS.
SSD sudah dipasang
Karena tidak ada slot M.2 atupun NVME, tentu satu-satunya SSD yang bisa digunakan adalah SSD SATA, yang form factor-nya sama persis sepert harddisk 2,5 inch.
Aku memutuskan untuk beli SSD merk Adata ini karena menurut beberapa ulasan, SSD ini cukup baik dengan harga yang cukup terjangkau.
Ada sedikit kendala saat akan meng-install OS Windows 11. USB bootabel yang dibuat dengan rufus hanya dapat berjalan pada partisi GPT dengan UEFI only. Bila ingin menggunakan legacy bios, harus menggunakan jenis partisi MBR. Selain itu, flashdisk yang aku gunakan sepertinya juga punya kualitas yang buruk.
Aku memutuskan untuk mengganti flashdisk. Selain flashdisk, aku juga mengganti bootable maker dengan Universal USB Installer/pendrivelinux. Alhamdulillah berjalan dengan lancar.
Setelah beberapa menit akhirnya laptopku ini berhasil upgrade storage SSD dan juga upgrade OS ke Windows 11.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Post

Tulisan Terbaru

FHI: Menunggu Senja

Menunggu senja saat berwisata di danau buatan Taman Gubang, Loa Ulung, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara. 10 Mei 2024.

Arsip Blog

Postingan Populer

Copyright © @dnwahyudi | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com