Dunia Penuh dengan Kejutan Indah

Jumat, 03 Januari 2014

Email untuk PNS

Terhitung kemarin, yaitu 2 Januari 2014, seluruh PNS wajib menggunakan email yang di-provide oleh pemerintah untuk urusan kerjaannya. Email ini memiliki alamat domain @pnsmail.go.id.

Emang gak keren sih kalo PNS atau bahkan pejabat pake alamat email dengan domain yang biasa di pakai publik. Apalagi kalau username-nya alay gitu, misalnya [email protected].

Ada yang bilang kebijakan ini diambil untuk menghindari penyadapan seperti yang udah terjadi beberapa waktu lalu, walau sebenarnya aturan ini sudah dikeluarkan pemerintah sejak tahun 2010 lalu. Presidan sudah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 untuk mengatur hal ini.

Meskipun hampir gak pernah menggunakan email dalam urusan pekerjaan beliau-beliau, aku berniat mendaftarkan kedua orang tuaku untuk mendapatkan alamat email ini. Mumpung belum begitu ramai, aku coba melakukan pendaftaran. Siapa tahu dalam beberapa hari lagi orang-orang pada ramai mendaftar. Bisa jadi server down kayak waktu masalah sertifikasi dulu.

Dugaanku tepat sekali, ternyata proses pendaftaran kurang lancar. Dalam proses pendaftaran, sepertinya server mengalami kerja yang sangat berat sehingga terasa lambat sekali.

Walau agak lambat, tapi pendaftaran berhasil. Tapi masalah bukan cuma itu saja. Ternyata masalah juga ada pada saat login. Login tidak berhasil dan muncul tulisan “Koneksi ke server penyimpanan gagal”.

Untuk meminta bantuan masalah ini, langsung aja aku kirim email tentang masalah ini ke [email protected]. Gak ada jawaban tapi setelah beberapa jam udah berhasil login.

Oh, iya. Aku juga mencoba menggunakan akun email ini di email client Mozilla Thunderbird, tapi Thunderbird gak berhasil menemukan setting yang tepat baik menggunakan protocol POP maupun IMAP.

Jadi mikir, sepertinya lebih keren alamat emailku deh… 😎 >> [email protected]. Emailku menggunakan layanan Google Apps, jadi bisa pake Thunderbird.

*) Di domainku ini, udah ada alamat email untuk kedua orang tuaku, yaitu [email protected] & [email protected].  Saat ini sedang dicari user yang mau pakai alamat email ini >>> [email protected], atau minimal [email protected]. 😛

0 komentar:

Posting Komentar

Related Post

Tulisan Terbaru

Manuskrip #001: Tulisan Tangan

Sebelum masuk ke inti tulisan, aku perlu jelaskan sesuatu dulu. Jadi, tadi aku dapat ide untuk mengunggah tulisan-tulisan dan coretan-coreta...

Arsip Blog

Postingan Populer

Copyright © @dnwahyudi | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com