Pakai Lagi Donk! - @dnwahyudi

Cari Apapun di Sini

Pakai Lagi Donk!

Pakai Lagi Donk!

Pernah dengar 3R? 3R yang ini bukan ukuran foto lho, melainkan Reduce, Reuse, dan Recycle. Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia kira-kira artinya Kurangi, Pakai Lagi dan Daur Ulang. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah barang-barang yang sudah terpakai.

Banyak sekali acara di tv yang aku tonton menayangkan liputan tentang daur ulang benda. Tidak jarang daur ulang itu memberikan penghasilan yang lumayan untuk mereka.


Menurutku, penggunaan ulang barang bekas itu punya dua manfaat, yaitu menjaga lingkungan dan penghematan sumber daya.

Manfaat pertama. Kebayang gak, kalau semua barang yang sudah gak terpakai jumlahnya ada berapa di dunia? Kalau salah penanganannya, bisa-bisa mencemari lingkungan. Nah, itulah manfaat dari segi lingkungan.


Nah yang kedua adalah penghematan sumber daya. Ambil contoh kaleng yang aku pakai sebagai tempat pensil. Kaleng itu bisa langsung jadi tempat pensil setelah dibersihkan dan dirapikan. Berbeda halnya kalau kita beli tempat pensil baru dari toko yang tentu saja memerlukan waktu, biaya dan juga energi lebih dibandingkan dengan menggunakan kaleng ini. Dengan begitu, kita bisa menghemat sumber daya.


Kaleng ini adalah kaleng bekas susu kental. Tampilannya agak kurang sama sekali gak menarik. Rencananya dulu, aku mau bikin gambar bunga, kupu-kupu sama matahari tapi karean kurang kreatif jadi tambah gak menarik.:P Mungkin ada di antara Teman yang bisa bantu supaya lebih menarik.

Nah, kalau yang satu lagi udah tau kan? Itu toples bekas selai yang aku gunakan sebagai tempat koin. Awalnya, aku mau bikin pot bunga. Karena, bingung bunga apa yang cocok di tempat sekecil itu, maka aku putuskan untuk menggunakannya sebagai tempat koin saja.

Mungkin Teman sekalian ada yang punya ide supaya barang bekas ini bisa lebih fungsional atau lebih menarik? Silahkan komen-komen, ya…

Share with your friends

Related Post

Ad Placement