Galau Modem - @dnwahyudi

Cari Apapun di Sini

Galau Modem

Galau Modem

Sebenarnya ini gak perlu ditulis di sini, sih. Tapi gak papalah.. daripada gak update sama sekali.. Hahahaha ðŸ˜†

Kalau sudah mendekati saat habisnya masa berlaku paket data, aku biasanya menggunakan sisa jatah bandwidth untuk update sana-sini. Yang paling sering di-update tentu saja adalah Ubuntu yang aku install baik di Kokom maupun di Lulu.

Udah bolak-balik sana-sini, aku belum juga ketemu solusi untuk masalah yang satu ini. Modem USB ku yang paling baru ini moody banget. Kalo di-connect di Kokom lebih sering gak mau connect.

Sebenarnya ada satu cara yang aku temukan di forum Ubuntu Indonesia dan beberapa blog yaang sering bahas Ubuntu. Cara ini sudah banyak juga yang berhasil menerapkannya, yaitu dengan menggunakan wvdial. Untuk Lulu cara ini berhasil 100%, tapi gak buat Kokom.

 Nah, kira-kira kenapa ya Kokom gak berhasil? Apa mungkin karena Kokom adalah komputer tua yang Mobo-nya udah pada longgar sana-sini? Mungkin juga begitu, sih. Secara, Kokom udah berumur lima tahun pada Desember 2012 kemarin.

O, iya ada satu masalah lagi soal Kokom. Kalo dinyalakan, sekarang tu Kokom sering masalah di keyboardnya.

Nah, sekian dulu curhat Galau Modem gak penting ini. Besok sambung lagi.

Update 21 Juni: Sekarang udah gak galau lagi, karena ada alternatif aplikasi yang bisa dipakai di Kokom. Aplikasi ini bernama Sakis3g. Menurutku aplikias ini lebih powerfull daripada wvdial karena User Interface-nya graphical dan bisa mengenali modem+apn yang tersedia.

Share with your friends

Related Post

Ad Placement