Dunia Penuh dengan Kejutan Indah

Jumat, 08 Desember 2023

Pindahin Blog

Akhirnya, setelah sebelas tahun setia pada webhosting yang dulu aku pakai, aku memutuskan untuk memindahkan blog kesayanganku ini ke platform lain.

Keptusan ini sudah lama aku pertimbangkan, bahkan terbilang cukup lama. Mungkin  dua atau tiga tahun yang lalu. Karena baru ada kesempatan tahun ini, akhirnya baru terlaksana di akhir tahun ini.
Photo by Plann: https://www.pexels.com/photo/woman-using-smartphone-and-laptop-4549414/
Cukup berat, sebenarnya, meninggalkan platform wordpress self-hosted setelah selama sebelas tahun menggunakannya. Banyak fitur-fitur dan keunggulan wordpress self-hosted yang tidak aku temui di platform blogger ini.

Keputusan ini aku ambil karena merawat website self-hosted mulai terasa membebani. Hal-hal seperti upgrade source code reguler, update plugin, managemant disk space, management content, dan lain sebagainya, yang agak berbeda dari blogger, mulai terasa seperti menjadi tantangan dibandingkan dulu, di mana aku justru sangat enjoy menjalaninya. Selain itu, pengeluaran dari sewa hosting juga menjadi pertimbangan mengingat pemasukanku tidak bertambah, sedangkan pengeluaran kian hari kian bertambah.

Semoga saja, setelah pindahan blog ini aku bisa jadi lebih rajin menulis dan blog ini bisa bermanfaat untukku dan juga untuk orang lain.

2 komentar:

  1. Biaya hosting memang jadi pertimbangan manakala blog kita belum bisa mengahasilkan. Tetap semangat membuat konten bang, semoga kedepan blognya bisa lebih menghasilkan cuan agar bisa memakan hosting kembali. Tapi kalau sudah nyaman pakai blogspot ya udah pakai blogspot aja hehehe....

    BalasHapus

Related Post

Tulisan Terbaru

Manuskrip #001: Tulisan Tangan

Sebelum masuk ke inti tulisan, aku perlu jelaskan sesuatu dulu. Jadi, tadi aku dapat ide untuk mengunggah tulisan-tulisan dan coretan-coreta...

Arsip Blog

Postingan Populer

Copyright © @dnwahyudi | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com