Krisis Koneksi - @dnwahyudi

Cari Apapun di Sini

Krisis Koneksi

Krisis Koneksi

Entah kenapa dalam beberapa hari ini, internet sekolah yang menggunakan ISP spidol/in-de-hom tidak bisa mengakses blogku dan beberapa website lain. Untungnya, masalah ini bisa sedikit teratasi dengan bantuan proxy dan juga vpn.

Aku khawatir masalah ini bisa menyebabkan penurunan traffic blogku, mengingat blogku berbahasa Indonesia sehingga pengunjungnya hampir semuanya dari Indonesia.

Awalnya, aku curiga kalau masalah ini ada pada webhosting. Tapi setelah browsing sana-sini, banyak yang menulis kalau ISP spidol sering bermasalah. Aku coba mengakses blogku ini dengan ISP lain, dan memang benar sepertinya masalah ada sama si spidol.

Ada yang berhasil mengatasi masalahnya dengan menggunakan DNS server google. Aku coba aja masukkin tu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 di DNS servernya, tetapi masalah tak kunjung teratasi.

Cara lain menurut artikel yang kubaca adalah dengan tracing route. Dengan tracing route, kita bisa tahu koneksi itu putusnya ada di mana. Terus, kalau putusnya ketemu, tinggal kita laporkan ke ISP (males banget).

Akhirnya, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah tetap dengan menggunakan proxy. Untungnya banyak proxy gratisan yang kecepatannya gak mengecewakan.

Sepertinya pelayanan dari ISP spidol memang kurang memuaskan. Aku jadi mengurungkan niat untuk pasang layanan dari perusahaan plat merah ini…

Share with your friends

Related Post

Ad Placement