Back Up dengan Awan - @dnwahyudi

Cari Apapun di Sini

Back Up dengan Awan

Back Up dengan Awan

Kemarin siang aku nonton berita yang isinya kabar kriminal: Seorang mahasiswi menjerit histeris ketika mengetahui dirinya menjadi korban pencurian. Laptopnya yang berisi file-file skripsi juga ikutan hilang.

Photo by panumas nikhomkhai: https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-mining-rig-1148820/

Sungguh tragis nasib mahasiswi ini. Udah capek-capek bikin skripsi, eh hilang begitu aja. Selain kerugian materil, tentu saja kerugian yang dialami adalah capek batin, ya kan..

Sebenarnya keapesan seperti ini bisa dicegah dengan melakukan back up data. Hendaknya kita jangan menyimpan data penting hanya di satu tempat saja. Buat copy di dua atau tiga tempat supaya lebih aman.

Cara yang paling simpel adalah dengan menyimpannya di media penyimpanan portabel; flash drive, hard disk portabel, cd, disket, piringan hitam atau batu prasasti (tiga alat terakhir yang aku sebutkan jangan dianggap serius, ya!). Tapi, ada sedikit masalah, bagaimana kalau media itu juga hilang atau rusak..

Solusinya bisa dengan menggunakan cloud computing Cloud computing, terdengar serem kalo gak ngerti artinya yaa.. Kita sebut aja dengan bahasa sederhana “back up on line”, deh.

Banyak layanan cloud yang memberikan product/service cloud gratis. Beberapa di antaranya adalah 4shared, box.net dan Ubuntu One. Biasanya juga ada layanan premium/berbayar. Layanan cloud yang  gratisnya pun udah lebih dari cukup memuaskan untuk kita yang kerjaannya biasa-biasa aja.

Ubuntu One, sesuai namanya adalah layanan cloud yang disediakan oleh pengembang OS Ubuntu. Hebatnya, Ubuntu One tidak hanya bisa digunakan pada OS Ubuntu, tapi juga OS WIndows bahkan komputer Mac, iphone dan android juga bisa ikutan nimbrung. Ubuntu One memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 5 Gb. Untuk dapat menggunakan layanan ini kita tinggal download software client-nya, terus daftar. Kalo udah terdaftar kita bisa mengakses file kita melalui software client atau melalui website Ubuntu One.

Box.net juga lumayan bagus. Kapasitas yang diberikan sebesar 10Gb. Box juga menyediakan software client untuk diinstall di komputer kamu.

Nah, yang paling seru mungkin 4shared. Selain ada software client-nya, kapasitas yang diberikan juga lumayan besar. 4shared memberikan kapasitas sebesar 15Gb. Kalau kamu punya duit lebih, kamu bisa coba produk berbayarnya yang memiliki kapasitas hingga 100Gb.

Alasan yang paling sering kita dengar adalah ribet dan susah. Ribet  dikit gak papa, kan.. Daripada ngulang skripsi dari halaman judul, ribetan mana, coba?!?

Susah?!? Apa sih, susahnya daftar di 4shared? Ngisi ini itu sebentar aja gak begitu susah, kok. Bahkan sekarang kita bisa login dengan akun facebook. Tinggal klik-klik sebentar aja.

Alhamdulillah, aku sendiri belum pernah mengalami yang namanya hilang file. Selama ini, cloud aku gunakan hanya sebagai media file sharing..

Segitu aja bahasan mengenai tiga layanan cloud. Sebenarnya, masih ada banyak layanan cloud di luar sana, tapi gak mungkin kan aku bahas semuanya.

Nah, bagi Anda yang punya pengalaman atau pendapat silahkan tulis di komentar ya.. 😀

Share with your friends

Related Post

Ad Placement