Dunia Penuh dengan Kejutan Indah

Cari Apapun di Sini

Rabu, 25 Desember 2013

Migrasi Server

Segera setelah smiley di blog ini hilang karena lupa back up beberapa hari lalu, aku langsung memindahkan data blog ini dari hosting yang gratisan ke hosting yang berbayar. Migrasi ini terjadi karena layanan hosting gratis yang aku pakai semakin tidak memuaskan.

Sebenarnya, aku sudah berlangganan hostng berbayar sejak memulai menulis di blog ini. Karena suatu dan lain hal, dulu aku memindahkan blog ini ke hosting yang gartisan.

Beberapa bulan berjalan, blog dengan hosting gratisan bekerja dengan lumayan baik, sehingga space di hosting berbayar mengalami masa-masa menganggur.

Yang namanya gratisan, pasti punya kelemahan. Server yang dipakai di hosting gratisan nampaknya adalah server sejuta umat. Shared hosting ini nampaknya memuat banyak sekali pelanggan.

Banyaknya pelanggan dalam satu server tentu saja berakibat pada kinerja server. Server sering down apabila banyak terjadi aktivitas website yang diinangkan.

Kinerja server yang buruk semakin menjadi-jadi saat aku meng-update wordpress beberapa waktu yang lalu. Mungkin, proses update wordpress memakan resources yang lumayan banyak. Ditambah lagi dengan kemungkinan pelanggan lain yang ada di server ini melakukan update wordpress juga secara hampir bersamaan.

Karena hal-hal ini, aku memutuskan untuk mengembalikan semua file blog ini ke hosting yang berbayar.

Proses migrasi pada CMS WordPress sebenarnya cukup mudah karena adanya fitur export dan import blog. Hanya dalam hitungan menit, blog sudah bisa kita copy/pindahkan. Caranya pun tidak rumit. Kita hanya perlu mengunduh file export pada blog yang lama kemudian mengunggahnya pada blog yang baru.

Yang paling memakan waktu adalah mengarahkan subdomain dari server lama ke server baru. Hal ini membutuhkan waktu lebih dari dua jam. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar tanpa gangguan sedikit pun.

Nampaknya, kualitaslah yang berbicara saat ini. Mungkin, teman-teman Pembaca sekalian tidak akan merasakan perbedaan sedikit pun saat membaca dan berkomentar di blog ini, tapi di halaman dashboard terjadi perbedaan yang cukup signifikan. Halaman dashboard jadi lebih cepat diakses dan jarang mengalami error, tidak seperti saat pakai hosting gratisan dulu.

Itulah pengalamanku memindahkan isi blog ini. Semoga blog kesayanganku ini kerjanya selalu lancar dan banyak pengunjungnya.. 😎

0 komentar:

Posting Komentar

Related Post

Tulisan Terbaru

FHI: Menunggu Senja

Menunggu senja saat berwisata di danau buatan Taman Gubang, Loa Ulung, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara. 10 Mei 2024.

Arsip Blog

Postingan Populer

Copyright © @dnwahyudi | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com